Sabtu, 30 April 2011

AKIBAT SAMA SEBAB BERBEDA: Burung Kakaktua&Penjaga Warung









AKIBAT SAMA SEBAB BERBEDA
Seorang penjaga warung makan mempunyai seekor burung Kakaktua yang cantik, yang selalu menemaninya, menghibur para pelanggannya, dan bila sang penjaga itu tidak ada di kedainya, maka sang Kakaktua ini bisa menggantikannya.
Suatu ketika, sang penjaga warung pergi keluar untuk melaksanakan shalat, sementara sang Kakaktua mengawasi warung dari rak atas. Tiba-tiba, seekor kucing melompat menerkam seekor tikus. Kakaktua itu sangat kaget sampai-sampai ia terbang dan menabrak kendi minyak wangi.
Ketika sang penjaga warung kembali dan melihat kendi minyak wanginya telah tumpah, ia pun marah.
Lalu diambilnya tongkat dan memukulnya pada kepala burung Kakaktua berkali-kali, sehingga kepala burung yang malang itu rontok bulu-bulunya.
Sang Kakaktua, yang kini kepalanya botak itu, bertengger di atas rak pojok sambil merenungi nasibnya yang malang itu. Selama berhari-hari, dia tidak mau membuka mulut. Sang penjaga warung kini menyesali perbuatannya. Dia berusaha sekuat mungkin agar Kakaktua kesayangannya bersedia berbicara lagi. Tapi, segala upaya tak jua membuahkan hasil.
Suatu hari, ketika burung itu sedang bertengger diam di atas rak, seorang pelayan yang berkepala botak masuk ke dalam warung, segera sang Kakaktua turun dan berbicara kepada “tamu” itu, “pasti Tuan habis menumpahkan kendi minyak wangi kan??!!”

==============================      *_*     ==========================

Akibatnya boleh sama, tapi sebabnya bisa berbeda-beda.
Jadi, menyimpulkan sebab dari akibat tidaklah selalu benar.
Malas memang bisa menjadikan orang itu miskin, tapi kita tak bisa menyimpulkan bahwa ketika kita bertemu dengan orang miskin lalu kita menuduhnya malas. Malas belajar memang bisa menjadikan orang bodoh, tetapi ketika kita bertemu orang yang bodoh tak boleh menyimpulkan bahwa dia pasti malas belajar.
Ini logika yang harus kita camkan selalu............................

0 komentar:

Posting Komentar


Template by:
Free Blog Templates