Rabu, 09 Februari 2011

Nasehat Untuk Remaja Muslim



temen2 sesama muslim, tidakkah kita menginginkan kehidupan yang bahagia selamanya? Tidakkah kita menginginkan jannah (surga) Allah subhanahu wata’ala yang luasnya seluas langit dan bumi?


firman Allah subhanahu wata’ala:
“Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Ali ‘Imran: 185)


untuk Apa Kita Hidup di Dunia?


firman Allah subhanahu wata’ala:
“Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (Adz Dzariyat: 56)


Beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya. Itulah tugas utama yang harus dijalankan oleh setiap hamba Allah.
tentunya Dalam beribadah, kita dituntut untuk ikhlas dalam menjalankannya kawan.


Umurmu Tidak Akan Lama Lagi


temen2 sesama muslim, bertaqwa yuk kepada Allah subhanahu wata’ala. Mungkin hari ini kita sedang berada di tengah-tengah orang-orang yang sedang tertawa, berpesta, dan hura-hura melakukan semua hal dalam berbagai bentuk maksiat kepada Allah subhanahu wata’ala, tetapi keesokan harinya kita sudah berada di tengah-tengah orang-orang yang sedang menangis menyaksikan jasad-jasad kita dimasukkan ke liang lahad (kubur) yang sempit dan menyesakkan.


firman Allah subhanahu wata’ala:
“Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan dilakukannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Luqman: 34)


Bersegeralah dalam Beramal


Allah subhanahu wata’ala berfirman:
“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.” (An Nahl: 97)


temen2 sesama muslim, segera yuk beramal kebajikan, dirikanlah shalat dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Karena shalat adalah yang pertama kali akan dihisab nanti pada hari kiamat,


sebagaimana sabdanya:
“Sesungguhnya amalan yang pertama kali manusia dihisab dengannya di hari kiamat adalah shalat.” (HR. At Tirmidzi, An Nasa`i, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad. Lafazh hadits riwayat Abu Dawud no.733)


Bagi laki-laki, hendaknya dengan berjama’ah di masjid. Banyaklah berdzikir dan mengingat Allah subhanahu wata’ala. Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan memberikan syafaat bagi pembacanya pada hari kiamat nanti.




Engkau Habiskan untuk Apa Masa Mudamu?


Pertanyaan inilah yang akan diajukan kepada setiap hamba Allah subhanahu wata’ala pada hari kiamat nanti kawan. Sebagaimana yang diberitakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam salah satu haditsnya:


“Tidak akan bergeser kaki anak Adam (manusia) pada hari kiamat nanti di hadapan Rabbnya sampai ditanya tentang lima perkara: umurnya untuk apa dihabiskan, masa mudanya untuk apa dihabiskan, hartanya dari mana dia dapatkan dan dibelanjakan untuk apa harta tersebut, dan sudahkah beramal terhadap ilmu yang telah ia ketahui.” (HR. At Tirmidzi no. 2340)


Sekarang coba yuk mengoreksi diri kita, sudahkah kita mengisi masa muda kita untuk hal-hal yang bermanfaat yang mendatangkan keridhaan Allah subhanahu wata’ala? Ataukah kita isi masa muda kita dengan perbuatan maksiat yang mendatangkan kemurkaan-Nya?


Jauhi Perbuatan Maksiat


Apa yang menyebabkan Adam dan Hawwa dikeluarkan dari Al Jannah (surga)? Tidak lain adalah kemaksiatan mereka berdua kepada Allah subhanahu wata’ala. Mereka melanggar larangan Allah subhanahu wata’ala karena mendekati sebuah pohon di Al Jannah, karena iblis menguasai mereka tentunya, jadi,,janganlah kita mengikuti makhluk nista itu, yang mengubah kemaksiatan menjadi keindahan.


Allah subhanahu wata’ala jelaskan dalam firman-Nya:
“Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.” (Fathir: 6)


Ibadah yang Benar Dibangun di atas Ilmu


Ketahuilah kawan, menuntut ilmu agama merupakan kewajiban bagi setiap muslim, maka barangsiapa yang meninggalkannya dia akan mendapatkan dosa, dan setiap dosa pasti akan menyebabkan kecelakaan bagi pelakunya.


sebagaimana sabdanya:
“Menuntut ilmu agama itu merupakan kewajiban bagi setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah no.224)


subhanallah,,,,mudah2an kita ridha menerima islam sebagai Dien yang sempurna ini....


"ketika dengan lantang kuteriakan dengan lisan "saksikan bahwa aku seorang muslim'."

0 komentar:

Posting Komentar


Template by:
Free Blog Templates